ISTILAH Lautan di ONE PIECE


1. East Blue

East Blue adalah lautan pertama yang diperkenalkan di dunia One Piece. Di lautan inilah Luffy memulai petualangannya dan berhasil merekrut Zoro, Nami, Usopp, dan Sanji. Tempat-tempat seperti Foosha Village, Orange Town, Syrup Village, Baratie, Cocoyashi Village, Loguetown, Tequila Wolf merupakan bagian pulau-pulau yang berada di lautan ini. East Blue dikenal sebagai lautan paling lemah dibandingkan yang lainnya. Bahkan Shiki mengatakan bahwa keputusan untuk mengeksekusi Gol D. Roger di East Blue adalah sebuah penghinaan.

2. South Blue

South Blue merupakan tempat kelahiran dari Franky, Ace, dan juga merupakan daerah asal Eustass Kid, Killer, dan Jewelry Bonney. South memang tidak banyak diceritakan, namun tempat-tempat seperti Torino Kingdom, Baterilla, dan Black Drum Kingdom merupakan bagian dari lautan ini.

3. North Blue

North Blue merupakan lautan yang dapat dikatakan sebagai lautan yang 'keras'. Beberapa anggota Worst Generation seperti Trafalgar Law, Basil Hawkins, dan X Drake berasal dari lautan ini. Lautan ini juga merupakan daerah asal dari Germa Kingdom, maka dari itu dikatakan bahwa Sanji memang bertumbuh besar di East Blue namun dilahirkan di North Blue. Selain itu, Doflamingo Family juga memiliki masa lalu di lautan ini, seperti yang terlihat pada masa lalu Law.


4. West Blue

West Blue merupakan lautan dengan masa lalu yang cukup kelam. Di lautan inilah terdapat pusat dari ilmu sejarah dunia yaitu Ohara, yang pada akhirnya diahncurkan seutuhnya dan menyisakan Nico Robin sebagai satu-satunya yang selamat dari insiden tersebut. Kano Country yang merupakan daerah asal dari Chinjao Family juga merupakan salah satu pulau dari West Blue.


5. Red Line

Red Line merupakan sebuah dataran tinggi yang membetang di dunia One Piece dan menjadi pembatas antara East Blue-North Blue dan South Blue-West Blue. Karena Red Line merupakan dataran yang tidak memungkinkan kapal untuk berlayar melintas antar lautan, maka siapapun yang ingin melintas antar lautan harus melewati Reverse Mountain (bagian tengah Red Line pada gambar), melalui Mariejois (Red Line pada bagian belakang gambar pertama), ataupun melalui Fishman Island yang terletak dibawah Mariejois. Hanya 3 jalur tersebut yang memungkinkan kapal bisa melintas melewati Red Line. Perlu diketahui bahwa Mariejois adalah ibukota dan markas besar pemerintahan dunia, sehingga tempat tersebut merupakan tempat berkumpulnya Angkatan Laut maupun para bangsawan atau Tenryubito. Bahkan para petinggi-petinggi dari seluruh dunia secara rutin melakukan pertemuan di Mariejois.

6. Grand Line (Paradise)

Paradise merupakan sebutan untuk lautan Grand Line yang berada diantara East Blue dan South Blue. Lautan ini terkenal dengan fenomena cuacanya yang sangat ekstrim dan sulit ditebak. Untuk mencapai Paradise, kapal-kapal dari East Blue, North Blue, South Blue, dan West Blue harus melewati Reverse Mountain. Dari sinilah petuangalan para bajak laut dimulai.Beberapa tempat yang sudah dilewati kru Topi Jerami mulai dari Whiskey Peak, Drum Island, Alabasta, Jaya, Water 7, Enies Lobby, Florian Triangle, hingga Sabaody Archipelago terletak di Paradise. Tempat-tempat pemerintahan seperti Enies Lobby dan Marineford juga termasuk bertempat di lautan ini. Sebagai tambahan, Skypiea merupakan pulau langit yang juga berada di atas Paradise (walaupun tidak terhitung sebagai salah satu pulau di Paradise)

Komentar

Postingan Populer